Yngwie Malmsteen


THE KING OF NEO CLASSIC ROCK

Lars Johan Yngwie Lannerback lahir hari minggu 30 juni 1963, di pinggir kota Stockholm, Swedia. Ibunya, Rigmor Malmsteen, adalah seorang penyanyi sementara ayahnya, Lennart Lanerback, adalah tentara berpangkat kapten angkatan darat. kedua orang tuanya bercerai saat ia masih bayi.
perkenalaannya dengan musik klasik diperoleh dari ibunya yang sangat suka dengan musik itu. Di usia 3 tahun, Yngwie diberi les piano dan terompet. pada ulang tahunya yang ke lima ibunya memberi hadiah sebuah gitar akustik model spanyol.
karena tidak bisa memainkanya, gitar itu digantungkan saja selama tiga tahun sampai akhirnya pada tanggal 18 september 1970. ia melihat acara TV yang menggelar konser Jimi Hendrix yang saat itu yang sebenarnya meninggal dunia.saat itulah ia terkesan dengan permainan gitar jimi Hendrix. Diambilnya gitar yang tergantung di dinding itu dan mulailah ia belajar bermain gitar. "Aku ingat bagaimana aku belajar hingga tanganku luka dan terpaksa ku plester. Aku memutuskan senar pertama sehinnga terpaksa main dengan lima senar sampai aku memutuskan senar lagi. Setelah itu aku main gitar listrik mengunakan penguat dari radio tabung yang ku miliki. Hingga setahun aku main, aku sendiri tidak tahu bagaimana nyetem gitar itu. "kenang Yngwie.

Banyak julukan disandangnya,seperti "THe King", "The master", "The Vituoso," "The Man with the golden chops"."The speed demon", atau "The fretboard necromancer".
semua ini mengambarkan bahwa Yngwie memang gitaris yang luar biasa. Di usianya yang begitu muda, ia tiba-tiba muncul menawarkan suatu teknik yang berbeda, meskipun pada saat itu dunia sedangtercengang dengan teknik tapping. Tak pelak lagi, neoklasikal dengan atribut teknik melodi yang di tawarkan Yngwie menjadi bahan perbincangan gitaris-gitaris dunia dan menjadi inspirasi bagi gitars-gitaris muda yang memilih jalur musik Rock Classic atau yang akrab disebut Neo-classic. Teknik sweeping picking mulai menjadi idola. menjadi referensi di berbagai institusi musik dunia.
Yngwie merupakan pnggerak utama dan pendobrak, kalau tidak bisa dikatakan sebagai The Father, dari aliran Neo-klasik yang mulai berkibar ahun 80-an. Aliran ini merupakan aliran klasik yang dikemas dalam nuansa heavy metal. sebenarnya ada beberapa aliran neo-klasik ini. Sebagai salah satu yang berpengarus dalam aliran ini, Yngwie menawkan komposisi elemen melodis dan harmonik dari komposer klasik seperti Antonio Vivaldi dan J.S Bach yang dikombinasi denga pola teknik agresif yang diperkenalkan para virtuosi abad 19 seperti Niccolo paganini.

0 komentar